Sabtu, 19 April 2014

[Artikel] Teknologi Tradisional Vs Teknologi Modern


Teknologi Tradisional Vs Teknologi Modern
Di abad ke-21 ini sebagian orang di dunia sudah menyatakan bahwa untuk abad ke-21 ini merupakan zaman keemasan. Zaman dimana melakukan apapun menjadi mudah, fleksibel dan praktis. Hal ini dikarenakan maraknya ilmu teknologi yang sudah berkembang di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, ilmu teknologi sudah menyebar ke seluruh wilayah daerah dan yang menikmati teknologi tersebut dari berbagai kalangan, yakni dari kalangan yang muda sampai yang tua.
Perusahaan-perusahaan besar yang ada di seluruh dunia, berkompetisi untuk membuat inovasi-inovasi tentang perkembangan teknologi yang baru untuk memudahkan dan menarik para pengguna teknologi agar tetap memilih produk dari perusahaan tersebut.

Bentuk teknologi yang ada di Indonesia sangatlah beragam, misalnya saja di dalam teknologi informasi, seperti internet, smartphone, bahkan dalam dunia pendidikan. Di dalam dunia pendidikan, penggunaan teknologi informasi yang sering kita jumpai adalah penggunaan e-learning, e-library, e-ducation, e-mail, dan e-laboratory.

Di dalam bidang informasi yang ada, kita dapat dengan mudahnya mencari informasi yang kita butuhkan dengan bantuan internet, kita hanya perlu mengetikkan kata kunci untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan dalam sekejap informasi yang kita butuhkan sudah tersedia dengan lengkap. Kita juga bisa melihat tayangan berita di televisi untuk mendapatkan informasi dari belahan dunia yang lain dengan menggunakan bantuan parabola, ataupun dari wilayah di Indonesia sendiri. Tidak seperti dahulu, orang yang akan mencari informasi atau berita yang terbaru haruslah bertanya kepada satu orang ke orang lain atau mencari buku-buku yang memuat tentang informasi yang mereka cari.
Sebenarnya, di Indonesia adanya teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, dan teknologi itu semakin berkembang dengan pesatnya. Tetapi pada zaman dahulu, bangsa Indonesia belum mengetahui fungsi dan pengertian teknologi yang sebenarnya seperti sekarang ini. Tapi sekarang, anak SD saja sudah mengetahui apa itu internet dan bagaimana cara menggunakannya. Anak Indonesia zaman dahulu hanyalah mengenal permainan tradisional, seperti congklak, egrang, yoyo kayu dan permainan lainnya. Sekarang, coba kita lihat! Anak-anak sudah tidak lagi mengenal permainan tersebut. Yang mereka tahu hanyalah bermain game online dengan media laptop atau komputer yang sudah terpasang jaringan internet, bahkan mereka yang tidak mempunyai laptop ataupun komputer rela menghabiskan waktu dan uang mereka untuk berjam-jam berada di warnet untuk memainkan permainan tersebut.
Di dalam bidang komunikasi, orang tidak perlu mencari makan keluar saat dia merasakan lapar, dia hanya perlu menelpon untuk delivery makanan. Sekarang juga marak berkembang toko online, kita hanya memesan barang yang kita sukai dengan hanya menelpon ataupun sms dan mengirimkan uang pembayarannya lewat bank, dengan cepat pula kita akan menerima barang yang kita pesan lewat jasa pos. Handphone juga berpengaruh pada perkembangan teknologi di Indonesia, handphone juga ada bermacam-macam tipe dan bentuk dari yang biasa sampai yang tercanggih untuk berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh dan lama untuk tidak berjumpa dengan cara mengirim sms ataupun berbicara lewat telepon, dengan memakai handphone yang canggih kita bisa bertatap muka dengan saudara kita yang tempatnya jauh dari kita. Tidak seperti dulu, orang yang ingin menanyakan kabar dari sanak saudara saja harus memakai surat, yang pengirimannya sangat lama.


Saat ini juga banyak orang yang berkomunikasi lewat jejaring sosial, misalnya saja facebook, twitter, yahoo messenger dan lain-lain. Kita dapat mengenal teman baru yang jaraknya jauh dari kita, baik masih di negara yang sama tetapi lain daerah ataupun pada negara yang berbeda.

Dalam bidang bisnispun dapat menggunakan teknologi yang ada, contohnya saja saat mengadakan rapat, para pebisnis akan membuat laporan dalam bentuk power point yang akan ditampilkan dalam LCD untuk disajikan kepada client-nya agar mempermudah mereka dalam memahami laporan yang telah disampaikan. Kita juga bisa bekerja di rumah dengan laptop yang kita miliki, laporan yang perlu untuk dipelajari hanya perlu dikirimkan lewat e-mail.

Dalam bidang transportasi juga berpengaruh dalam perkembangan teknologi. Dahulu orang pergi kemana-mana dengan berjalan kaki ataupun memakai sepeda meskipun jarak yang ditempuh sangatlah jauh. Tetapi sekarang, orang dengan mudahnya pergi kemanapun yang mereka mau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hampir semua orang di Indonesia dalam bepergian memakai kendaraan pribadinya baik itu mobil ataupun motor. Apabila ingin bepergian jarak jauh, kebanyakan orang yang memiliki mobil akan bepergian dengan menggunakan mobil daripada menggunakan motor karena dirasa cukup aman dari teriknya matahari ataupun hujan. Apabila mereka ingin bepergian dalam jarak yang dekat mereka memilih untuk memakai motor karena dapat menghindari dari kemacetan.
Zaman sudah semakin berkembang, kebiasaan-kebiasaan yang lamapun sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat sekarang. Di lain sisi kita harus mendukung perkembangan teknologi dan di sisi yang lain kita juga harus melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Kita bisa untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia tetapi juga kita tidak boleh mengesampingkan perkembangan teknologi agar kita tidak tertinggal dengan bangsa yang lain. Contohnya saja, kita bisa memperkenalkan budaya tarian atau permainan tradisional yang ada pada bangsa Indonesia dengan media internet agar bangsa-bangsa yang lain tahu bahwa tarian atau permainan yang ada, adalah milik bangsa Indonesia.

2 komentar:

  1. Terimakasih, materinya sangat bagus dan bermanfaat, jangan lupa kunjungi https://teknologidaring.blogspot.com/

    BalasHapus